Ada Tahun Depan, Toyota Fortuner Hangat Bakal Canggih Banget

VIVA – Toyota Fortuner telah hadir di Indonesia sejak 2004. Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle ini juga dirakit serta dipasarkan di banyak negara lain, yang ada di kawasan Asia dan Afrika.

Instrumen ini disukai oleh banyak orang, karena tampilannya gagah tapi banderolnya lebih murah dari Toyota Land Cruiser. Platformnya menggunakan Innovative International Multi-purpose Vehicle atau IMV, setara seperti yang dipakai Toyota Innova dan Hilux.

Sebab basisnya memakai konsep ladder frame , tak aneh jika SUV ini mampu diajak melintas di medan off-road. Selain penggerak roda belakang, Fortuner selalu tersedia dalam varian penggerak 4 roda.

Model terbarunya sudah dihadirkan tarikh lalu di Indonesia, dan baru-baru ini dipasarkan secara resmi pada India. Saat prosesi peluncuran, Chief Engineer Toyota Motor Corporatio, Yoshiki Konishi mengungkapkan informasi yang mengejutkan.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Gaadiwaadi , Selasa 12 Januari 2021, Yoshiki mengatakan bahwa perusahaannya sudah menyiapkan teknologi baru untuk mobil berkapasitas tujuh penumpang itu, dan akan dihadirkan pada 2022.

Salah satunya berkaitan dengan kemudi, di mana sistem power steering yang selama ini masih menyandarkan hidrolik akan digantikan oleh Electronic Power Steering atau EPS.

Teknologi dengan sebelumnya sudah diaplikasikan pada contoh Rush, Avanza, Agya, dan Calya itu bekerja dengan memanfaatkan motor listrik untuk membantu pengemudi menodongkan roda. Sistem ini sangat efektif untuk kawasan perkotaan, dan sensitivitasnya bisa diatur sesuai kecepatan.

Selain EPS, Toyota pula dikabarkan akan memasang Vehicle Stability Control atau VSC yang diatur dengan elektronik. Ini adalah versi terbaru dari VSC yang saat itu terpasang di Fortuner.

Perusahaan asal Jepang itu juga memiliki paket teknologi Toyota Safety Sense, namun belum diketahui apakah akan disematkan pada Fortuner pertama atau tidak.