Banyak Orang Salah Buka Pintu Mobil, Sejenis ini yang Benar

VIVA – Saat berkendara pada jalan raya, kita harus silih tenggang rasa. Sebab, banyak orang lain yang juga menggunakan infrastruktur tersebut.

Contohnya, kala sedang mengemudikan kendaraan beroda empat. Ukurannya yang lebih besar dibanding sepeda motor, membuat kita harus pintar menempatkannya saat antre. Bila sembarangan, maka bisa menghalangi ruangan kendaraan lain yang lebih kecil.

Begitu juga masa hendak keluar dari mobil. Biasa orang menggunakan tangan mereka dengan paling dekat dengan pintu, untuk meraih tuas pembuka.

Tidak banyak dengan mau peduli memperhatikan lingkungan kira-kira, sebelum mendorong pintu agar terbuka. Padahal, bisa saja ada sepeda motor atau pesepeda yang medium melintas. Akibatnya, kecelakaan pun berlaku.

Baca pula: Nekat Keluyuran, Pemotor Dikurung pada Ambulans Berisi ‘Pasien Corona’

Dilansir dari Cartoq , Sabtu 25 April 2020, Belanda adalah satu diantara negeri, yang jumlah pengguna sepedanya bertambah banyak dari mobil. Untuk menghalangi terjadinya insiden, pemerintahnya memberi kajian khusus pada murid-murid sekolah.

Menentang Juga

Pelajaran dengan dimaksud, yakni membuka pintu mobil dengan menggunakan tangan yang posisinya jauh dari akses. Dengan cara tersebut, tubuh kita akan menghadap ke sisi samping, tepat ke kaca jendela.

Dengan posisi itu, kita bisa melihat kaca spion dan secara refleks memantau situasi sekitar, sebelum menggeser tuas dan mendorong pintu mobil agar terbuka.

Jalan ini diajarkan sejak dini, agar masyarakat Belanda terbiasa melakukan kejadian itu sehari-hari. Terbukti, jumlah insiden akibat pesepeda menabrak pintu mobil jadi berkurang.