Begini Rasanya Cornering Pakai Ban Harian ‘Rasa’ Balap

Begini Rasanya Cornering Pakai Ban Harian 'Rasa' Balap

VIVA – Banyaknya jumlah pengguna sepeda motor jenis skuter matik di Indonesia, menjadi kesempatan bagi para produsen ban untuk menghadirkan berbagai model andalan mereka. Seperti yang dilakukan oleh Pirelli, dengan Diablo Rosso Sport.

Sebelumnya, karet bundar ini hanya tersedia untuk sepeda motor jenis bebek dan sport dengan ukuran roda 17 inci. Namun, kini mereka menghadirkan varian 14 inci.

Pirelli Department Head Astra Otoparts, Andreas Somawidjaja mengatakan bahwa spesifikasi ban baru ini tidak berbeda dengan tipe Diablo Rosso Sport ukuran 17 inci yang pertama kali diperkenalkan di Sirkuit Buriram, Thailand tahun lalu.

“Inovasi yang diciptakan oleh Pirelli memberikan kualitas grip yang kuat, namun juga awet untuk dipakai sehari-hari, baik dalam keadaan basah dan kering, ” ujarnya belum lama ini.

Lantas, bagaimana dengan performanya? VIVA Otomotif mendapat kesempatan untuk mencoba ban tersebut dalam kondisi penggunaan sehari-hari. Kesan pertama yang didapat adalah, komponnya masuk dalam kategori keras.

Hal itu ada kelebihan dan kekurangan, di mana guncangan tidak akan diredam senyaman kompon medium atau lunak, terutama saat melewati jalur kerikil atau speed trap. Tapi, kelebihannya adalah ban ini akan lebih awet dan tidak perlu diganti dalam jangka waktu cukup lama.

Meski demikian, daya cengkeramnya lebih bagus ketimbang ban kompetitor lain yang juga terinspirasi dari lintasan balap. Cornering hingga dek Honda Vario menyentuh aspal dengan kecepatan 60 kilometer per jam bisa dilakukan sempurna, arah motor sesuai keinginan pengendara tanpa perlu mengendorkan gas.

Sayangnya, hingga pengujian selesai belum ada tanda-tanda hujan turun. Tapi, alur kembang ban menunjukkan bahwa pembuangan air bisa dilakukan dengan maksimal, meski kerasnya kompon membuat ragu apakah performanya sama dengan saat jalanan kering. Sebagai informasi, Pirelli Diablo Rosso Sport ukuran 14 inci dijual eksklusif di Planet Ban dengan banderol mulai dari Rp255 ribu.

Baca juga: Sewa Sepeda Lipat Brompton Rp19 Ribu per Hari, Pakai Sepuasnya