Drifting Ternyata Bukan Hanya Sekadar Meliuk-liukan Mobil

Drifting Ternyata Bukan Hanya Sekadar Meliuk-liukan Mobil

VIVA – Penggemar otomotif kira-kira pernah menonton film ‘Initial D’, atau Fast and Furious Tokyo Drift. Keduanya menampilkan adegan mobil yang meliuk-liuk indah di jalan aspal. Aksi tersebut kerap disebut sebagai drifting.

Meliuk-liukan mobil ini populer di Jepang, dan diketahui sudah dilakukan semenjak tahun 1960-an. Penggemar otomotif dalam Negeri Sakura, memanfaatkan teknik Opposite-Lock atau counter sterring yang biasa dipergunakan mobil-mobil dalam kejuaran reli masa menikung dengan cepat dan langsung.

Bedanya, teknik tersebut dipraktikan di jalan berkelok-kelok yang berlapis aspal halus di beberapa jalan pegunungan di Jepang. Tahun 1970-an, salah seorang pembalap legendaris Jepang bernama Kunimitsu Takahasi, memperlihatkan aksi drift di ajang balap mobil All Japan Touring Car Championship (AJTCC).

Di ajang balap mobil itu, dia mengemudi dengan cara bagian pendahuluan mengikuti titik paling luar pada sirkuit, dan dilakukan dalam kecepatan tinggi. Alhasil, mobil meliuk namun posisi ban belakang tetap berputar kencang di aspal, sehingga menghasilkan kepulan asap pekat.

Dari situ diketahui bahwa drifting ternyata bukan hanya sekadar skill mengemudi, tetapi sudah menjadi salah satu olahraga otomotif terpandang di dunia. Perhelatannya pun selalu memadukan bagian kompetisi, dan hiburan untuk para-para penonton.

Jadi, melakukan drifting bukan hanya memaksimalkan akselerasi dan kecepatan kendaraan. Pengemudi kudu bisa meliuk-liukan kendaraannya dengan indah dan tetap mengikuti lintasan dengan ada, serta menghasilkan banyak asap dari gesekan ban dengan belangkin sirkuitnya.

Bagi yang penasaran ingin mencoba meliuk-liuk dengan mobil, bisa menyambangi Juragan99XAR Drift School di daerah Serpong Boulevard, Tangerang. Di sana ada pelatihan untuk umum, yang terbagi untuk kelas Rookie serta Pro, serta menerapkan metode One Day Class .

“Kami melihat drifting semakin berkembang dalam Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Banyak dari mereka yang ingin belajar, maka itu awak bermaksud menyediakan sarana pelatihan secara fasilitas terbaik, ” ujar Akbar Rais, salah seorang pendiri Juragan99XAR Drift School, dikutip VIVA Otomotif , Senin 23 November 2020.

Pola pembelajaranya mulai dari teori pokok drifting, dan hanya pelatihan menggunakan simulator E-Sports. Peserta bisa tepat mempraktikannya di lintasan aspal secara mobil latihan, dengan mendapat pedoman teori dari drifter profesional.

Baca juga: Punya Tanda Besar di Indonesia, Segini Penjualan Mobil Suzuki XL7.