Indonesia Sukses Bikin Kendaraan Komersial Santun Lingkungan

Indonesia Sukses Bikin Kendaraan Komersial Santun Lingkungan

VIVA – Presiden Jokowi tahun lalu mengumumkan, bahwa Nusantara sudah mulai memasuki era elektrifikasi kendaraan. Implementasinya bisa bermacam-macam, berangkat dari kendaraan beroda dua tenggat empat.

Jika cakap soal produksi, kemampuan anak keluarga untuk membuat kendaraan listrik tak perlu diragukan lagi. Jika melihat sektor roda dua, sudah ada beberapa merek sepeda motor yang digerakkan dengan energi setrum.

Baca juga: Lawan Avanza Mulai Dikirim ke Diler-diler di Indonesia

Bahkan, dalam masa tidak lama lagi akan ada kendaraan komersial beroda tiga, dengan penggeraknya mengandalkan dinamo dan baterai. Kendaraan itu diberi nama Gerobak Listrik.

Pembuatnya adalah PT Solar Panel Indonesia, sebuah perusahaan industri swasta nasional yang hidup di bidang energi terbarukan. Kendaraan yang disebut dengan nama Gelis itu, diciptakan untuk memenuhi keinginan alat angkut bagi usaha mikro kecil menengah.

“Kendaraan ini mudah digunakan, serta tak membutuhkan perhatian khusus dalam kejadian perawatan, ” pimpinan SPI, Akhlak Prasetyo melalui keterangan resmi, dikutip Senin 18 Mei 2020.

Layaknya produsen kendaraan, SPI mengaku telah menyiapkan servis purna jual serta jaringan pemasaran. Mereka bahkan bekerja sama secara aplikasi Hey Indonesia, agar produk Gelis bisa diketahui oleh umum.

Soal buatan, Head of Engineering SPI, Hadian Permana menjelaskan bahwa saat tersebut kapasitas pabrik mereka di Bogor mampu memproduksi 10 unit per hari. Sebagian komponennya sudah dibuat dalam negeri, yakni baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali.

Gelis dibekali dinamo berdaya 800 Watt, yang dapat membina kendaraan melaju hingga kecepatan 30 kilometer per jam. Jarak tempuhnya 30 km, serta mampu mendatangkan beban seberat 300 kilogram serta melalui tanjakan 15 derajat.

Instrumen ini tersedia dalam beberapa varian, dengan harga jual mulai lantaran Rp20 juta. Nantinya, akan ada model lain yang cocok digunakan untuk mengantar barang dalam tanah air, atau mengangkut sampah.