Informasi Gembira Buat yang Lahir Tanggal 1 Juli

VIVA – Seseorang yang mengemudikan instrumen baik sepeda motor maupun mobil di jalan, wajib mengantongi tulisan izin mengemudi atau SIM. SIM diterbitkan oleh Polri.

Caranya mendapatkannya, Anda harus memasukkan beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh Polres setempat. Seperti tes teori, praktik, tes kesehatan dan membayar biaya pembuatan.

Namun, khusus bagi warga DKI Jakarta yang lahir pada 1 Juli bisa membuat dan memperpanjang SIM secara cuma-cuma. Hal ini dilakukan Ditlantas Polda Metro Hebat dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74.

Dari informasi yang beredar, Ditlantas Polda Metro Jata menggelar layanan SIM baru dan perpanjangan secara gratis khusus motor dan mobil. Pendaftarannya dimulai pada 25 datang 30 Juni 2020.

Baca Juga: Motor Baru Yamaha Sudah Mampu Dipesan

“Iya benar informasi itu, ” kata Eksekutif Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korps Lalu Lintas Polri, Brigjen Pol Yusuf kepada VIVA, Senin 22 Juni 2020.

Bagian pendaftaran pun dibatasi oleh pihak Ditlantas Polda Metro Jaya. Di dalam informasi tersebut tertulis bahwa buat pembuatan SIM baru dibatasi cuma 200 orang, dan untuk perpanjang sebanyak 300 orang.

Adapun syaratnya yakni, calon perekam melengkapi dokumen seperti e-KTP asli dan foto copy, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori & praktik bagi pembuatan SIM segar, serta SIM asli yang ingin memperpanjang.

Setiap pemohon juga diminta untuk wajib mengindahkan protokol kesehatan COVID-19.