Jalan Darurat Hentikan Mobil saat Rem Blong

VIVA – Salah satu penyebab kecelakaan adalah rem yang tidak berfungsi, pedengan blong. Pada kondisi ini, rem tak berfungsi maksimal meski diinjak sedalam agak-agak.

Banyak faktor yang menyebabkan rem blong, mulai dibanding kampas rem habis, piston rem aus, jumlah dan kualitas patra rem menurun, selang bocor, maka masalah di booster dan master rem.

Lantas, apa yang perlu dilakukan, saat rem blong ketika tengah melaju di jalan raya?

Dilansir VIVA Otomotif dari Cartoq , Minggu 4 Oktober 2020, sebuah tayangan di YouTube memperlihatkan bagaimana cara mengakhiri laju mobil ketika rem tak berfungsi, dalam waktu kurang dibanding 10 detik.

Baca juga: Sedan Ini Tidak Berbentuk, Usai Dikemudikan 208 Km/jam

Pertama, pastikan jalur yang dilalui lurus agar mobil tidak hilang kendali. Lalu, tarik rem tangan hingga posisi setengah.

Kemudian, turunkan gigi transmisi secara bertahap ke posisi dua. Misalnya saat kejadian gigi ada di posisi empat, maka turunkan ke posisi tiga, biarkan 1-2 detik lalu turunkan lagi ke letak dua.

Setelah mobil mengalami perlambatan kecepatan, posisikan geraham transmisi ke netral dan tarik rem tangan hingga penuh.

Ada baiknya saat menyelenggarakan itu, mobil diarahkan ke ruangan paling kiri agar tidak menahan kendaraan lain yang melaju kencang di sisi kanan.