Jok Mobil Sudah Pakai Sistem Elektrik, Lakukan Ini Biar Awet

Jok Mobil Sudah Pakai Sistem Elektrik, Lakukan Ini Biar Awet

VIVA – Memiliki suruhan sebagai alat transportasi darat, mendirikan produsen otomotif merancang mobil yang bisa membuat nyaman pengemudi serta penumpangnya. Salah satu fitur dengan kini banyak disematkan adalah jok dengan pengaturan elektrik.

Ya, jika pada mobil usang pengaturan kursi hanya bisa dilakukan secara manual, kini dibuat lebih mudah. Pengemudi maupun penumpang, cukup menekan tombol pengaturan di sisi jok, maupun di dinding kemungkinan untuk model-model mobil Eropa.

Meski belum semua mobil baru memakai fitur modern itu, tak ada salahnya jika mengetahui cara merawat jok mobil elektrik. Sebab, seperti komponen elektrikal yang lain, jok canggih ini juga perlu mendapat perhatian dari pemakainya agar usianya lebih awet.

Melansir dari laman resmi Hyundai Indonesia, Selasa 30 Juni 2020, untuk merawat jok mobil elektrik bisa dimulai dibanding penggunaan yang baik, mulai dari pengaturan sampai menjaga kebersihan kabin serta area di sekitar jok tersebut.

Saat melangsungkan pengaturan posisi duduk, baik tersebut ketinggian jok, posisi punggung, datang jarak dengan lingkar kemudi sebaiknya dilakukan dalam kondisi mobil beristirahat. Sebab, gerakan komponen elektrik mau rentan rusak jika bekerja pada kondisi jalan yang terguncang

Baca juga: Urus STNK Motor yang Hilang Pakai Jawatan Jasa, Segini Biayanya

Selain itu, pemilik kendaraan disarankan untuk selalu memelihara kebersihan kabin, termasuk di depan jok. Sebab, kotoran berupa sisa makanan, atau debu juga bisa menjadi penyebab macetnya komponen elektrik pada jok tersebut. Akibatnya, pengemudi maupun penumpang akan sulit memiliki posisi duduk yang diinginkan.

Perlu diketahui, pabrikan otomotif biasanya sudah merancang fitur dan teknologi dalam kendaran untuk langgeng nyaman dipakai dalam waktu tahunan. Biasanya komponen kursi elektrik bisa bertahan lebih dari 5 tahun, dari kondisi mobil baru.

Kerusakan mungkin saja berlaku pada kabel, motor, sekring serta yang ringan, lepasnya switch pengelola. Untuk melakukan perbaikan pada kursi elektrik yang ngadat, pemilik mobil bisa menyiapkan dana sekitar Rp200 ribu sampai Rp1 juta untuk perbaikan, tergantung dengan model & jenis mobilnya.