Keyakinan Maharaja Punya Rolls-Royce, Ban Murus Beli Mobil Baru

VIVA – Rolls-Royce dikenal sebagai salah mulia merek mobil yang masuk dalam kelas mewah. Harga per unitnya dalam kondisi baru bisa lebih sejak Rp20 miliar di Indonesia.

Perusahaan asal Inggris ini dasar tidak main-main jika bicara soal kualitas. Pembeli bakal dibuat bingung dengan banyaknya bagian yang bisa dipilih sesuai selera, mulai sejak warna mobil, bahan pelapis jok, ornamen interior, hingga corak & panel dasbor.

Baru kali berdiri pada 1904, kongsi ini memproduksi mobil mewah yang memiliki ciri khas serta jadi andalan kaum selebriti, termasuk pula para bangsawan di India.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq , Sabtu 16 Januari 2021, diceritakan bahwa pada zaman dahulu para maharaja di Negeri Hindustan tergila-gila dengan produk Rolls-Royce.

Uniknya, ada utama kebiasaan yang dilakukan oleh famili ningrat tersebut, yakni memasang kuas ijuk di bagian depan jentera. Hal ini memunculkan banyak perkara dari warganet.

Ada yang menyebut, bahwa kendaraan garib itu adalah milik Maharaja Jai Singh, penguasa wilayah Alwar, India di era 1800-an. Sapu itu dikenal sebagai lambang protes, terkait statusnya sebagai orang Asia.

Alkisah Jai Singh suatu hari mampir ke diler Rolls-Royce, saat mengunjungi London, Inggris. Ia tertarik melihat unit yang dipajang, dan berniat untuk membelinya tetapi diusir karena dikira pengemis.

Tidak terima atas perkara itu, Jai Singh kemudian memerintahkan anak buahnya untuk membeli enam unit Rolls-Royce keluaran terbaru, & menjadikannya sebagai mobil pembersih ulama.

Tapi, ada serupa kisah yang mengatakan bahwa alat itu dipakai untuk menyingkirkan barang dan kotoran, agar tidak menempel pada ban. Ini dilakukan, agar ban tetap awet saat berjalan di jalanan yang kala tersebut belum diaspal.

Kaum kaya tersebut dikatakan tidak suka repot mengganti ban saat murus atau kembangnya sudah menipis, & memilih untuk membeli unit perdana dari diler.

Akan tetapi, mitos tersebut sampai saat ini tidak berhasil dibuktikan. Salah utama alasannya, mobil yang ada dalam foto keterangan bukan buatan Rolls-Royce, karena desain grille berbeda.