Memahami Kisah Nissan GT-R sebagai Mobil Balap di Sirkuit dan Jalanan

Memahami Kisah Nissan GT-R sebagai Mobil Balap di Sirkuit dan Jalanan

VIVA – Nama GT-R sudah dikenal masyarakat dunia sebagai mobil berperforma tinggi. Tak hanya itu, produk andalan Nissan ini tetap tampil menggoda lantaran memiliki desain yang sporty, baik dari sisi eksterior maupun interiornya.

Ternyata kiprah GT-R sebagai organ bertenaga, sudah ada dan lumrah dari puluhan tahun silam. Sebab, mobil ini kerap menempati kedudukan teratas dalam berbagai balapan touring lokal di Jepang, bahkan meraih total 52 kemenangan hanya pada tiga tahun.

Melansir dari 100KPJ, Selasa 21 Juli 2020, pada Februari 1969, Nissan memulai debut produk ikoniknya dengan menciptakan ‘Skyline 2000GT-R. Kendaraan tersebut mengkombinasi teknologi-teknologi terbaiknya, dan dikenal sebagai mobil touring dengan performa tangguh yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Banyak sekali fitur dan teknologi balap yang disematkan dalam mobil ini, terinspirasi dari prototipe mobil balap murni Nissan (Prince) R380. Fitur tesebut antara lain, instrumen DOHC empat katup dan suspensi independen pada setiap roda, yang menjadi bagian penting saat periode balapnya.

Baca pula: Kijang Innova Belum Punya Lawan yang Sepadan, Ini Buktinya

Produk Nissan ini meraih kemenangan pertamanya pada 3 Mei 1969, di balapan TS-b sebab JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway. Saat itu mobil GT-R yang ikut serta merupakan model 4-pintu. Dua tahun kemudian, di All Japan Suzuka Automobile Race (Maret 1971), hardtop GT-R mendalam dalam formasi.

Tak aneh jika pehobi otomotif lintas generasi, banyak yang mengidolakan Nissan GT-R sebagai kendaraannya. Di kalangan millenial, mobil ini kerap terlihat di beberapa seri video game yang masih berlanjut, seperti Need For Speed, serta game simulator balapan yang revolusioner Gran Turismo.

Untuk penggemar hidup, mobil ini kerap terlihat dalam berbagai judul dan franchise hidup yang sangat populer, termasuk Fast and Furious. Desain bodi sporty, mesin bertenega dan suaranya dengan menderu, serta akselerasi lincahnya membuatnya mudah dikenali.