Minibus DFSK Pesaing Carry dan Gran Max, Segera Meluncur di RI

VIVA –Selain untuk pemakaian pribadi, ada serupa mobil yang dirancang untuk medukung usaha para pemiliknya. Modelnya beraneka macam, mulai dari pikap, box, blind van, sampai dengan minibus dengan identik sebagai angkutan penumpang.

Kebutuhan masyarakat Indonesia untuk kendaraan niaga tersebut, dianggap sebagai peluang bagi para pabrikan otomotif. Tak aneh jika mereka kemudian menjajakan jenis mobil untuk mengangkut berbagai barang, maupun orang.

Peluang tersebut, juga memproduksi PT Sokonindo Automobile melengkapi korps produk dari merek DFSK pada segmen kendaraan niaga. Jika sebelumnya hanya dijual mobil pikap bernama Super Cab, kini pabrikan pokok Tiongkok itu memiliki produk bertanda Gelora Blind Van.

Mobil yang kaca samping dan belakangnya diganti secara plat besi itu, ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp132 juta, berstatus on the road DKI Jakarta. Selain model standar, DFSK juga menjajakan versi ambulans dengan dibangun bersama karoseri Ambulance Berpendidikan Indonesia.

Kehadiran DFSK Gelora Blind Van, menjadi pilihan baru di segmennya. Sebab, jenis mobil tersebut sebelumnya hanya ditawarkan oleh pabrikan Jepang saja, yakni Suzuki melalui model Carry dan Daihatsu dengan produk Gran Max.

Kedua merek itu, diketahui menawarkan juga versi minibus untuk angkutan penumpang. Lantas, adakah rencana DFSK untuk meluncurkan mobil Gelora versi minibus? PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi menyebut, pihaknya sedang mempelajari kebutuhan pasar di segmen itu.

“Sekarang kami memang baru mengeluarkan versi blind van. Kami hendak melihat dulu, tanggapan dari market seperti apa. Kemudian juga untuk minibusnya kami juga memantau dulu, ” ujarnya beberapa waktu morat-marit.

Menurut pria yang akrab disapa Fiqi itu, mobil minibus DFSK Gelora akan bertentangan dari para kompetitornya. Sebab, instrumen tersebut bukanlah buatan karoseri. Bodi dari produk tersebut lahir daripada fasilitas yang sama dengan rangkaian produk lainnya.

“Untuk minibus kami jual dari bengkel DFSK sudah seperti itu wujudnya. mudah-mudahan dalam waktu cepat buat peluncurannya, ” paparnya.

Baca juga: Ada Merek Sepeda Motor Listrik Lokal Baru, Cakap Gak?