Sedang Ada Mobil Baru yang Harganya Rp102 Juta di Indonesia

VIVA – Tahun 2020 menjadi masa yang cukup mengandung bagi seluruh orang di Indonesia. Adanya pandemi memaksa banyak orang harus mengubah kebiasaan mereka di berbagai hal, termasuk menahan pembelian mobil baru.

Namun, menyambut pergantian tahun angka penjualan mulai menunjukkan kenaikan. Berdasarkan data Ikatan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, hingga November 2020 total pengiriman mobil dan kendaraan beroda empat atau lebih mencapai 500 ribuan unit.

Nilai itu memang lebih rendah 46 persen, jika dibandingkan dengan masa yang sama di tahun sebelumnya. Biar demikian, kenaikan sudah mulai terang sejak Juni 2020.

Sepanjang 2020, mobil baru yang jadi pilihan konsumen mengalami pergeseran dalam hal contoh. Sebelumnya, low multi purpose vehicle Toyota Avanza selalu menjadi yang terlaris.

Namun pada tarikh lalu, kendaraan yang masuk dalam kategori low cost green car & hanya berkapasitas lima penumpang, yaitu Honda Brio jadi primadona & sempat menduduki posisi pertama semasa empat bulan.

Harga menjadi salah satu pertimbangan, mengapa pembeli memutuskan untuk memboyong mobil tersebut. Selisih harganya untuk varian terendah, bisa mencapai puluhan juta rupiah, yakni Brio Satya berangkat Rp149 juta dan Avanza Rp200 juta.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman masing-masing agen pemegang merek, Jumat 8 Januari 2021, harga instrumen pada awal tahun ini menjalani penyesuaian. Contohnya, tahun lalu Brio Satya versi paling rendah banderolnya hanya Rp146 juta.

Meski demikian, masih ada pola lain yang ditawarkan dengan nilai Rp102 jutaan, yakni Daihatsu Ayla. Sementara itu, mobil termurah dari Toyota adalah Agya dengan makna Rp143 jutaan, sedangkan Suzuki memiliki Karimun Wagon R yang banderolnya Rp122 juta.