Sedang Ngebut 280 Km/jam, Mobil Ini Dipaksa Ngerem Mendadak

VIVA – Selain di sirkuit, ada saja pemilik mobil sport yang secara sengaja menjajal performa maksimal kendaraannya di jalan tol. Ya, di area ini memang pengemudi mampu melaju lebih cepat daripada di jalur lainnya.

Kebiasaan ini juga kerap dilakukan sebab pengguna sportcar di Eropa, terutama mereka yang tinggal di Jerman. Mereka biasa memacu mobilnya di Autobahn, yakni sebuah jalan penghubung secara jarak sekitar 13. 000 kilometer, dan tak ada batasan kemajuan yang harus dipatuhi.

Meski bebas melaju dengan performa maksimal mobil yang dikemudikan, Autobahn dikategorikan sebagai jalan bebas restriksi teraman di dunia. Jarang sekadar terjadi kecelakaan di ruas tersebut. Ini bisa terjadi, lantaran penggunanya saling menghormati, dan untuk mampu mendapatkan Surat Izin Mengemudi dalam Jerman tidaklah mudah.

Uji performa instrumen ketika melaju di Autobahan, lupa satunya dilakukan oleh pengguna mobil BMW M4 yang rekamannya tayang di Youtube . Pengemudi tersebut, diperkirakan memakai kamera action cam yang dipasang di dalam helm ketika dirinya mengemudi.

Rekaman gambar awalnya memperlihatkan kendaraan melaju rendah, lalu semakin cepat dari kendaraan di jalur lainnya. Video memperlihatkan kecepatan mobil BMW M4 tersebut mencapai kecepatan 280 kilometer bola lampu jam, dan terus dipertahankan kecepatannya.

Melansir dari Carscoops, Selasa 5 Januari 2020, rekaman gambar tersebut memperlihatkan mobil baru sekitar 15 detik ngebut, lalu melakukan pengereman mendadak. Ini dilakukan untuk menghindari mobil hatchback Mazda 3 yang dengan tiba-tiba berpindah ke jalur cepat karena mendahului kendaraan lain.

Beruntung pengemudi mobil BMW M4 itu sigap dan tak melakukan reaksi membelokkan setirnya ke arah jalur lain. Sportcar itu berhasil melambat, namun jarak dengan mobil di depannya terlihat benar tipis. Tak lama, Mazda 3 itu berpindah ke jalur sebelumnya.

Perlu diketahui, menyelenggarakan pengereman di atas 280 km/jam, bukanlah pekerjaan mudah. Selain menyandarkan kemampuan komponen kendaraan, pengemudi pula tak boleh panik, untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.