Sekalipun Mulus, Mobil Bekas Ketok Magic Ternyata Bisa Dikenali

VIVA – Setiap pemilik menginginkan penampilan kendaraannya selalu bagus, dan nampak seperti baru. Meski demikian, kecerobohan diri sendiri maupun pengguna jalan bisa saja mendirikan eksterior mobil lecet, atau makin penyok dan rusak.

Ketika ada mengalami bodi mobilnya rusak, tak sedikit pemilik mobil yang memanfaatkan jasa ketok magic untuk membuat penampilan eksterior balik mulus. Cara ini juga sering dilakukan pedagang sebelum menjajakan instrumen itu kepada calon pembeli.

Untuk itu, pembeli mobil bekas dituntut harus teliti pra melakukan transaksi pembelian. Jika lupa pilih tentu akan berakhir kesal, karena kendaraan bekas yang pernah direkondisi melalui jasa ketok magic, tidak sesempurna buatan pabriknya.

Pemilik bengkel ketok magic Doa Ibu di Bekasi Barat, Sulyoko mengatakan, walaupun terlihat mulus, mobil yang pernah diketok magic bisa dikenali menggunakan gradasi warna cat eksterior dengan tidak serupa dengan aslinya.

“Warna catnya agak borok. Setahu saya, warna cat mobil bawaan pabrik itu tidak lurus untuk ditiru. Jadi kalau ditambal (catnya), hasilnya tetap tidak lengkap, ” ujarnya seperti dikutip dibanding 100KPJ , Minggu 24 Januari 2021.

Selain warna yang tak cocok, kata dia, tips otomotif buat mengetahui mobil yang bodinya sudah diketok magic, adalah dengan tahu tanda di sekitar bodi mobil. Jika jeli, kata dia, bekas pukulan pada bahan logam mampu dilihat mata secara lansung.

“Ada isyarat (pukulan) palu di bagian di dalam. Kalau jumlahnya banyak, sudah sah (bekas ketok magic), ” paparnya.