Suka Mobil Hemat Bahan Bakar, Ikuti Cara Ini

VIVA – Setiap orang tentu ingin memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar. Cukup satu kala mengisi tangki, mereka berharap mobil bisa digunakan selama beberapa hari untuk pergi dan pulang ke kantor.

Namun, tidak jarang hal itu gagal untuk didapatkan. Meski mobil yang dimanfaatkan keluaran baru, tapi hal tersebut bukan jadi jaminan konsumsi target bakarnya bisa irit.

Dilansir dari laman Seva , Rabu 15 April 2020, ada beberapa hal sederhana yang mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan. Yang perdana, yakni kondisi mesin.

Selalu lakukan pembelaan berkala, sesuai dengan petunjuk dengan ada di buku servis. Situasi sepele seperti busi atau nyiru udara kotor, bisa mempengaruhi berapa banyak bensin yang digunakan.

Baca juga: Membuat atau Perpanjang SIM Wajib Gerak dan Berjemur

Lihat Pula

Kedua, jaga kecepatan mobil biar selalu berada dalam batas dengan aman. Akselerasi sangat berpengaruh di dalam konsumsi BBM, hingga 19 komisi. Jadi, perlakukan pedal gas secara lembut.

Untuk kendaraan yang tidak dibekal idengan indikator hemat BBM, cara paling sederhana adalah dengan memelihara putaran mesin agar ada pada kisaran 2. 000 rotasi bola lampu menit. Jika sudah lebih dari 3. 000 rpm, maka minyak bumi yang dipakai semakin banyak.

Beban juga menentukan konsumsi BBM. Hindari menyimpan banyak barang yang tidak diperlukan di dalam bagasi, seperti koper atau logistik bengkel yang berat.

Terakhir, jangan setel penyejuk kamar ke posisi paling dingin. Kompresor akan bekerja maksimal, sehingga menaikkan beban mesin. Atur agar suhunya ada di kisaran 24-25 derajat celcius saja.