Tanpa Sampai Salah, Ini Ragam Atap Kaca yang Dipasang di Mobil

Tanpa Sampai Salah, Ini Ragam Atap Kaca yang Dipasang di Mobil

VIVA –Selain menggunakan lembaran logam, pada mobil keluaran baru ada juga yang memakai atap kaca. Dengan unit tersebut, pengemudi dan penumpang hendak mendapat pengalaman berbeda saat berkendara.

Saat berkendara terang hari, atap mobil yang dibuat dari kaca membuat kabin lebih terlihat terang, dibandingkan yang memakai piringan logam seperti bagian bodi mobil lainnya. Sebab, cahaya matahari bisa langsung masuk ke dalam interior.

Meski sudah banyak mobil yang menggunakan atap cermin, tak semua penggemar otomotif mampu membedakan jenis atap kaca dengan dipasang di atap. Padahal desainnya semakin beragam, mulai dari sunroof, moonroof, panoramic roof, serta kombinasi yang diberi nama Panoramic Sunroof.

Sunroof merupakan kaca di bagian pondong mobil, yang ketika dibuka membuat sudut tertentu. Sedangkan atap cermin yang saat dibuka masuk ke dalam bagian plafon, bernama moonroof. Untuk Panoramic Roof, merupakan kaca yang dipasang hampir di segenap atap dan tak bisa dibuka.

Sementara untuk Panoramic Sunroof, kombinasi atap yang hampir menyeluruh di atap, namun tersedia juga bagian yang bisa dibuka. Model ini salah satunya ada di produk Wuling Almaz.

Mobil merek China tersebut hampir 70 persen langit-langitnya mematuhi bahan kaca. Panoramic Sunroof pada Wuling Almaz diketahui berukuran 0. 82 meter persegi, dan diklaim menjadi atap kaca yang terbesar untuk mobil-mobil sekelasnya.

Selain Panoramic Sunroof, Wuling Almaz ditawarkan dengan fitur yang jarang ada di mobil berbanderol Rp200 jutaan, yang order suara atau Wuling Indonesian Command (WIND). Teknologi ini memungkinkan pilot maupun penumpang menyalakan, mematikan, ataupun mengoperasikan beragam fungsi tanpa harus menekan tombol.

Terkait jantung penggerak, Wuling menyematkan instrumen bensin 1. 500cc dengan turbo yang menghasilkan tenaga 140 HP dan torsi maksimal 250Nm. Jantung penggerak ini, dikombinasikan dengan sitem transmsisi otomatis CVT delapan percepatan.

Wuling Almaz ditawarkan dalam empat varian dengan total kursi untuk 5 ataupun tujuh penumpang. Banderol untuk menebus mobil SUV ini mulai dari Rp266, 8 juta sampai Rp341, 8 juta.

Baca pula: Malu Bertanya, Pengendara Sepeda Motor Harus Berjuang di Atas Jembatan.