Viral Anggota DPR Usir Truk dengan Parkir di Jembatan

Viral Anggota DPR Usir Truk dengan Parkir di Jembatan

VIVA – Masih banyak pemakai jalan yang belum memahami secara jelas semua peraturan lalu lintas. Salah satunya, yakni ketentuan melanggar parkir.

Seperti dengan baru-baru ini viral di media sosial. Empat truk tampak parkir di suatu jembatan, karena salah satunya menikmati masalah pada roda.

Peristiwa itu diketahui oleh salah seorang anggota DPR yang kebetulan melintas, yakni Dedi Mulyadi. Pria yang sebelumnya pernah menduduki jabatan sebagai Bupati Purwakarta itu langsung turun dari mobil dan memberi teguran.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman pribadinya, Kamis 7 Januari 2021, pria yang akrab disapa Kang Dedi tersebut langsung menemui sopir truk yang sedang sibuk membuka baut jentera.

“Ini mobil diparkir di jembatan, bobotnya tinggi. Jembatan akan rusak, ” ujarnya.

Dia kemudian bertanya kepada sopir, mengapa mereka memarkir kendaraan yang masing-masing bobot kosongnya bisa mencapai lebih dari 2, 3 ton itu. Mereka beralasan, membantu truk yang sedang mengalami masalah.

“Ini kok mobil diparkir berderet semua di jembatan. Gimana kalau jembatannya roboh. Coba saya tanya, boleh enggak mobil truk parkir di jembatan? Bapak punya SIM kan, terus kenapa melakukan ini? ” tanya Dedi dengan nada kesal.

Dedi juga mempermasalahkan, mengapa truk meninggalkan jalur tersebut. Ia meminta para-para sopir untuk memindahkan kendaraannya dan putar balik mengambil jalur lain yang sesuai dengan peruntukan.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 79 tahun 2013, dalam pasal 106 disebutkan bahwa lupa satu ruang milik jalan yang tidak diperbolehkan untuk parkir merupakan jembatan.

Selain mampu menimbulkan kemacetan karena lebar tiang menjadi berkurang, jembatan juga dirancang hanya untuk menahan beban dinamis, yakni kendaraan yang terus berjalan. Apabila ada beban statis sesuai truk parkir, maka strukturnya bisa rusak dan ambruk.