Walaupun Sederhana, Tutup Tangki Bensin Memiliki Peran Besar di Sepeda Mesin

VIVA – Mengisi ulang bahan bakar minyak ataupun BBM, menjadi kegiatan rutin pemakai motor bermesin konvensional. Meski demikian, tak semua pengendara peduli dengan penutup tangki bensin kendaraannya.

Tutup bensin yang terdiri dari bahan logam, dilengkapi secara karet di bagian dalamnya, sehingga bisa mencegah uap bensin keluar sejak tangki, serta menjaga agar bagian bahan bakar tak tumpah zaman sepeda motor melibas jalanan berdelan.

Melansir dari laman resmi Astramotor , Selasa 7 Juli 2020, penghabisan tangki bensin besar memiliki suruhan untuk menjaga cadangan bahan mengobarkan. Meski demikian, komponen tersebut kurang diperhatikan oleh pengguna kendaraan.

Padahal seal atau karet pada tutup bak bensin itu, bertugas merapatkan tangki agar bensin tidak luber atau merembes ke luar tangki. Jika tutup tangki tak dilengkapi karet, maka saat terjadi guncangan benih bakar akan merembes ke bagian luar tangki.

Mengucapkan juga: Toyota Bikin Onderdil Mobil Sport yang Disuntik Mati 53 Tahun Lalu

Selain itu, dalam posisi normal akan tercium aroma bensin dari pada tangki. Uap bahan bakar minyak yang keluar melalui sela-sela antara tangki dan tutupnya itu, mampu jadi berbahaya jika pengendara tak sadar berada di dekat sinar, ataupun menyalakan rokok di sekitarnya.

Seolah-olah suku cadang motor lainnya, karet tersebut juga bisa rusak dan aus seusia pakai kendaraan. Jika sudah begini, pemilik kendaraan bisa mengganti komponen ini dengan membelinya di toko online maupun bengkel langganan, dengan banderol sekira Rp15 ribu.

Untuk membentengi karet pada tutup tangki bensin ini awet, bisa dilakukan dengan mudah, yakni memperhatikan posisi tutup dengan tangki bensin usai memasukkan bahan bakar minya. Jika posisinya tidak sejajar, akan ada seal karet yang terjepit lebih kencang atau miring dan lama kelamaan akan merusaknya.